Launching Jurnal IJCS Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta

2:35:00 PM Diposting oleh Subhan Afifi

Rabu, 20 Mei 2009, jam 08.00-12.00 WIB, jurusan Ilmu Komunikasi UPN ”Veteran” Yogyakarta mengadakan seminar dengan tema ”Trends and Challenges in Communication Research”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Seminar FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta, Gedung Agus Salim, Jalan Babarsari No.2 Yogyakarta. Seminar ini diikuti sekitar 200 peserta dari kalangan akademisi, peneliti dan mahasiswa.

Seminar ini diadakan dalam rangka peluncuran Jurnal Internasional ”The Indonesian Journal of Communication Studies”, (IJCS) yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi UPN ”Veteran” Yogyakarta. Jurnal berbahasa Inggris bidang komunikasi pertama di Indonesia ini melibatkan penyunting ahli (mitra bestari) dari beberapa negara, yaitu : Australia, Malaysia, Thailand dan Indonesia sendiri. Jurnal IJCS Diterbitkan 2 kali setahun, berisi artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian teoritis bidang ilmu komunikasi, seperti : media dan jurnalisme, periklanan, public relations, komunikasi interpersonal, komunikasi internasional, komunikasi lintas budaya, cultural studies, dan sebagainya. Pembaca jurnal ini adalah para akademisi, peneliti, praktisi dan mahasiswa ilmu komunikasi, baik tingkat sarjana maupun pascasarjana. Jurnal ini didistribusikan di Indonesia, dan beberapa negara lain seperti : Malasyia, Singapura, Thailand, Australia, dan sebagainya. Penulis jurnal juga berasal dari berbagai universitas dan instansi dari berbagai negara.

3 orang pembicara, hadir dalam seminar itu. Mereka adalah : Dr Abu Hassan Hasbullah (University of Malaya Kuala Lumpur, Malaysia), Dr Hermin Indah Wahyuni (Universitas Gadjah Mada) dan Basuki Agus Suparno, M.Si. Dr Abu Hassan memberikan pemaparan tentang “Future Studies Perspective in Communication Research”. Menurutnya, Studi masa depan (future studies) dapat digunakan sebagai salah satu perspektif dalam penelitian komunikasi. Perspektif ini digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan fenomena dan data dalam dunia komunikasi. Prediksi dan strategi apa yang akan diambil untuk menghadapi masa depan dapat dibuat dengan menggunakan perspektif future studies. Dr Hermin mempresentasikan makalah yang berjudul “Global Trends in Communication Research. Menurutnya, kecenderungan dan tantangan penelitian komunikasi ditentukan oleh isu-isu komunikasi yang berkembang, aspek teori dan metodologi yang bersifat dinamis. Peneliti komunikasi harus terus mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia global, agar tidak tertinggal. Sementara itu, Basuki Agus, M.Si, sebagai wakil dari komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta memperesentasikan “The Implications of Communication Axioms In Research Methodology. Basuki menjelaskan bahwa aksioma dalam ilmu komunikasi memberikan implikasi pada perspektif dan metodologi penelitian komunikasi. Misalnya apakah komunikasi dipahami sebagai proses transmisi dan penerimaan informasi, ataukah sebagai pencipta makna. ”Peneliti komunikasi harus memahami aksioma yang melandasi penelitiannya, sehingga tepat dalam menggunakan perspektif teori dan metodologi,” jelasnya dalam bahasa Inggris yang fasih.

Sebagai ketua penyunting (editor in Chief) IJCS, saya menyampaikan rasa syukur mendalam karena acara ini berlangsung sukses. Tentu juga berkat kerjasama teman-teman pengelola IJCS, panitia dan pihak sponsor. Semoga menjadi salah satu kontribusi kami untuk menyebarluaskan ilmu yang bermanfaat, dan pada akhirnya nanti menjadi pemberat amal kebajikan yang tak putus balasannya. Amin… (***Subhan Afifi)

0 komentar: