Workshop Penulisan di Purwodadi

2:34:00 PM Diposting oleh Subhan Afifi

Dinamika pendidikan di negeri ini kadang menggelikan. Kesenjangan kualitas dan aktivitas pencerahan bagi masyarakat antara satu daerah dengan daerah lain terasa jelas. Di sebuah daerah di Kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia, misalnya, menurut penuturan seorang rekan trainer, sama sekali belum pernah diadakan seminar publik, bahkan sejak sejarah berdirinya republik. Ketika rekan tersebut diundang atas prakarsa Fahma Training Centre dan penggiat pendidikan Hidayatullah di sana, maka seminar itu menjadi yang pertama dan satu-satunya.

Bulan Mei lalu, rekan-rekan dari Sekolah Integral Lukman Al Hakim Hidayatullah Purwodadi menggagas sebuah event pameran buku. Acara ini menurut, Basori, SPd, kepala sekolah, sekaligus ketua panita, merupakan acara yang pertama di adakan di Purwodadi. Menggandeng Giant, Event Organizer asal Jogja, sekolah tersebut sukses menghadirkan penerbit-penerbit buku besar yang sebelumnya ragu, apakah masyarakat Purwodadi antusias dengan pameran buku. Rupanya, keraguan itu tertepiskan dengan besarnya animo masyarakat untuk mengunjungi pameran itu. Bupati beserta jajarannya juga mendukung penuh kegiatan itu. Masyarakat di daerah-daerah rupa-rupanya haus dengan kegiatan yang mencerahkan, tinggal menunggu penggerak dan pionirnya saja. Rekan-rekan di SDIT Hidayatullah Purwodadi rupanya mengambil peran itu. Ini harus diapresiasi.

Sebagai rangkaian acara book fair, panitia menggelar beberapa seminar dan workshop, seperti Training for Exellent Life untuk guru, Training kepemimpinan dan Training Penulisan untuk pemuda/pelajar. Saya kebagian diundang untuk berbagi dalam training penulisan. Selama 1 hari penuh, tanggal 22 Mei 2009, Alhamdulillah, saya berkesempatan membersamai para pemuda/pelajar Purwodadi untuk berlatih menulis. Anak-anak gaul Purwodadi itu luar biasa, sangat antusias untuk mengembangkan kemampuan menulis. Beberapa diantara mereka juga sudah terbiasa menulis dengan media blog. Mereka adalah para calon penulis handal. Saya senang bisa berbagi dengan mereka, anak muda yang sangat pede dengan masa depannya. Terimakasih Purwodadi ! (***Subhan Afifi)

0 komentar: