Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Terbitkan Jurnal Internasional

9:09:00 AM Diposting oleh Subhan Afifi


Untuk memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan dan mengembangkan jejaring kerjasama (networking) internasional, jurusan Ilmu Komunikasi UPN ‘Veteran” Yogyakarta menerbitkan Jurnal Internasional ”The Indonesian Journal of Communication Studies” (IJCS), ISSN : 1978-323X.

“Jurnal berbahasa Inggris ini melibatkan penyunting ahli (mitra bestari) dari beberapa negara, yaitu : Australia, Malaysia, Thailand dan Indonesia sendiri”, ujar Ketua Penyunting, Subhan Afifi,M.Si. Jurnal yang diterbitkan 2 kali setahun, berisi artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian teoritis bidang ilmu komunikasi, seperti : media dan jurnalisme, periklanan, public relations, komunikasi interpersonal, komunikasi internasional, komunikasi lintas budaya, cultural studies, dan sebagainya. Pembaca jurnal ini adalah para akademisi, peneliti, praktisi dan mahasiswa ilmu komunikasi, baik tingkat sarjana maupun pascasarjana. Jurnal ini didistribusikan di Indonesia, dan beberapa negara lain seperti : Malasyia, Singapura, Thailand, Australia, dan sebagainya. Penulis jurnal juga berasal dari berbagai universitas dan instansi dari berbagai negara “Keberadaan IJCS juga untuk melengkapi “Jurnal Ilmu Komunikasi” yang telah diterbitkan sebelumnya,” tambah Basuki, M.Si Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN. Menurutnya, jurnal IJCS diterbitkan agar Komunikasi UPN semakin dikenal di dunia internasional.

Dalam rangka peluncuran (launching) jurnal internasional tersebut, akan digelar Seminar dengan tema “Trends and challenges in Communication Research”, pada Rabu, 20 Mei 2009, jam 08.00-12.00 WIB. Seminar ini akan bertempat di Ruang Seminar FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta, Gedung Agus Salim, Jalan Babarsari No.2 Yogyakarta. Pembicara yang akan hadir dan materi yang akan dipresentasikan adalah : Dr Abu Hassan Hasbullah (University of Malaya Kuala Lumpur, Malaysia) “Future Studies Perspective in Communication Research”, Dr Hermin (Universitas Gadjah Mada) “Global Trends in Communication Research dan Basuki Agus Suparno, M.Si (UPN “Veteran” Yogyakarta) “The Implications of Communication Axioms In Research Methodology. (***)

Sumber : harian Radar Jogja, Jum'at, 15 Mei 2009


FISIP UPN Terbitkan Jurnal Internasional

Selasa, 19 Mei 2009 12:07:17

JOGJA: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja meluncurkan jurnal Internasional The Indonesian Journal Of Communication Studies, Rabu(20/5) mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB di ruang seminar FISIP UPN Babarsari.

Pihak pengelola jurnal menyatakan, jurnal itu akan diperkuat dengan tim editor yang berasal dari empat negara. Mereka adalah Brian Morris (RMIT University Australia), Jessica Raschke (University Of Melbourne, Australia), Mike Hayes (Mahidol University, Thailand)Abu Hasan Hasbullah(University Of Malaya, Malaysia).

Sedangkan dari Indonesia Ibnu Ahmad(Univeritas Indonesia), Prof Dedi Mulyana (Padjajaran), dan Ana Nadya Abrar (Universitas Gadjah Mada).

Ketua Penyunting Jurnal Subhan Afifi mengatakan jurnal ini merupakan jurnal berbahasa Inggris di bidang komunikasi yang baru pertama kali terbit di Indonesia. Materi jurnal yang hendak disampaikan adalah seputar tren global di dunia komunikasi saat ini dan di masa mendatang.

Dia mengatakan, dalam launching para pembicaraberbagi wawasan mengenai data-data dan hasil penelitian terbaru di bidang komunikasi. "Selama ini jurnal komunikasi berbahasa Inggris belum ada, maka networking global diharapkan terwujud dengan peluncuran jurnal ini,"katanya. (Rossa Fergie)

Sumber : Harian Jogja

1 komentar:

  1. Eka Ernawati mengatakan...

    terima kasih atas informasinya...sangat membantu, oiya apakah jurnal tersebut dapat saya dapatkan di toko2 buku di jogja,,.? bisakah saya mendapat informasi alamat2 web untuk jurnal2 internasional bidang komunikasi...
    mohon bantuannya pak, apabila anda memiliki refrensi2 untuk jurnal internasional, mohon saya diberi tahu melalui email saya
    Terima kasih lho pak sebelumnya...

    Eka ^_^
    Komunikasi UNS