Workshop ”Penyusunan Rencana Strategis Sekolah” di Sleman

11:39:00 PM Diposting oleh Subhan Afifi

Perubahan lingkungan eksternal dan internal sekolah yang sedemikian dinamis mengharuskan pengelola sekolah mempersiapkan langkah antisipasi yang cerdas dan strategis. Persaingan yang ketat, tuntutan masyarakat yang terus meningkat, perkembangan teknologi komunikasi yang semakin cepat, serta fenomena lainnya, dapat dimaknai sebagai ancaman atau peluang. Sementara itu, daya dukung SDM, infrastruktur, kurikulum, hingga metode pembelajaran yang sudah atau belum dimiliki, dapat berposisi sebagai kekuatan atau justeru kelemahan. Keterampilan memadukan sumber daya yang dimiliki serta memanfaatkan peluang menjadi kunci sukses manajemen berbasis sekolah.


Tanpa perencanaan strategis yang matang dan visi pengembangan yang jelas, sekolah akan berjalan tanpa arah. Hal ini akan tercermin dari pelaksanan program-program yang bersifat spontan dan sporadis, tanpa pemahaman tentang masalah yang dihadapi dan perencanaan yang komprehensif. Ukuran keberhasilan suatu program untuk menjamin mutu juga seringkali belum terfikirkan. Bisa jadi, ”Sekolah Berkualitas” yang didambakan semua pihak akhirnya tak lebih dari sekedar slogan.

Belum semua sekolah, apalagi di tingkat dasar, mengembangkan perencanaan strategis yang baik. Fahma Training Center menyelenggarakan workshop ”Penyusunan Rencana Strategis Sekolah”, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, 21 Maret 2009. Alhamdulillah, saya dipercaya untuk menjadi trainer pada acara tersebut bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ibu Dra Suyamsih, M.Pd

Dalam kesempatan itu Ibu Kepala Dinas lebih banyak memberikan materi terkait arah kebijakan pemkab Sleman untuk mengembangkan pendidikan. Sedangkan, saya, sesuai dengan TOR yang diberikan panitia, membahas teknis penyusunan renstra. Alhamdulillah, para kepala sekolah, pengurus yayasan dan guru berbagai sekolah se-Sleman itu, tampak antusias mengikuti acara hingga usai. Semua ingin sekolahnya lebih maju lagi, membuat rencana strategis yang baik adalah awalnya.

Sehari setelah acara itu, beberapa ibu guru masih sempat menelpon dan berkirim sms ke saya. Ada yang menanyakan apakah rumusan visi misi yang dimiliki sekolahnya sudah cukup menantang atau belum. Wah.. ibu-ibu guru kita ini sangat antusias untuk belajar. Ada juga yang berkirim sms seperti ini : ”Pak, kami sangat tertarik dengan tawaran Bapak untuk menjadikan sekolah kami TK unggulan. Kami mohon Bapak mau membimbing kami. Untuk itu apa yang perlu kami lakukan. Gratis atau tidak.” Hehe. Sms yang panjang dan susah untuk dijawab. Iya Bu guru, InsyaAllah. Apa yang bisa saya bantu akan saya bantu. Untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik ! Gak usah khawatir, hehe.

0 komentar: