Workshop Nasional Kepala Sekolah Hidayatullah di Balikpapan

1:49:00 PM Diposting oleh Subhan Afifi

Departemen Pendidikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hidayatullah akan menyelenggarakan rapat kerja nasional di Balikpapan, 13-15 Maret 2009. Rakernas tersebut akan membahas berbagai isu strategis menyangkut pendidikan integral Hidayatullah yang semakin berkembang di seluruh Indonesia.Selain Rakernas, forum tempat berjumpanya para mujahid pendidikan itu akan dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan manajerial dan keterampilan praktis para kepala sekolah Hidayatullah dalam bentuk Workshop Nasional.


Beruntung, saya mendapat kesempatan untuk hadir dalam rakernas dan workshop nasional tersebut. Melalui Pak Saryo S.Ag dan Bapak Ir Abu A’la Abdullah , anggota dan ketua Departemen Pendidikan DPP Hidayatullah, saya diundang sebagai salah satu trainer dalam workshop nasional itu. Saya diberi amanah untuk menyampaikan 2 materi yang terkait dengan komunikasi dan pendidikan, yaitu : Komunikasi Organisasi dan Public Relations Sekolah.

Materi itu menurut Pak Saryo penting untuk sekolah-sekolah Hidayatullah. Sekolah yang terus berkembang menuntut pengelolaan aspek komunikasi dilakukan secara cerdas. Walau memiliki visi, misi dan tujuan yang sama, para penggerak organisasi seringkali mengalami kebuntuan komunikasi bahkan konflik yang tak berujung. Sedangkan strategi public relations, diperlukan sekolah-sekolah Hidayatullah untuk membangun suasana internal yang kondusif dan menggairahkan, sekaligus mengembangkan citra positif lembaga di masyarakat. ”Bagaimana memasarkan sekolah, berhubungan dengan media massa, atau strategi fundraising dan membangkitkan dukungan masyarakat terhadap sekolah, penting untuk diketahui,” ujar Pak Saryo.

Bismillah, saya persiapkan sebaik mungkin materinya. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Saya juga senang, ini akan jadi pengalaman pertama menginjakkan kaki di bumi Kalimantan. Mengunjungi pesantren pusat Hidayatullah di Gunung Tembak Kalimantan, juga sudah lama saya idamkan. Pesantren yang menjadi sumber inspirasi bagi usaha mulia untuk menegakkan peradaban Islam. Semoga Allah memudahkan dan memberkahi... (***Subhan Afifi)

0 komentar: