Media Online Cetak Sejarah Pulitzer

8:15:00 AM Diposting oleh Subhan Afifi

Jakarta - The Washington Post dan New York Times boleh saja mendominasi penghargaan tahunan jurnalisme Pulitzer. Tetapi yang menarik di tahun ini adalah, untuk pertama kalinya ajang bergengsi tersebut memberikan penghargaan kepada media online.

Sang penerima award tersebut adalah ProPublica, organisasi online non-profit, yang memenangkan penghargaan Pulitzer atas laporan investigasinya mengenai Rumah Sakit New Orleans setelah bencana badai Katrina yang menerjang Amerika beberapa waktu lalu.

Sementara, penghargaan editorial kartun diraih oleh SFGate.com. Berikut adalah para pemenangnya, seperti dikutip detikINET dari BigNews Network, Selasa (13/4/2010):

1. Public Service : Herald Courier Publisher
2. Breaking News Reporting : The Seattle Times Staff
3. Investigative Reporting : Sheri Fink (ProPublica) & The New York Times Magazine, Barbara
Laker & Wendy Ruderman (Philadepia Daily News)
4. Explanatory Reporting : Micheal Moss and friends (The New York Times Staff)
5. Local Reporting : Raquel Rutledge (Milwaukee Journal Sentinel)
6. National Reporting : Matt Richtel and friends (The New York Times Staff)
7. International Reporting : Anthony Shadid (The Washington Post)
8. Feature Writing : Gene Weingarten (The Washington Post)
9. Commentary : Kathleen Parker (The Washington Post)
10. Criticism : Sarah Kaufman (The Washington Post)
11. Editorial Writing : Tod Ronnerson, Colleeb McCain Nelson, dan William McKenzie (The
Dallas Morning News)
12. Editorial Cartooning : Mark Fiore (SFGate.com)
13. Breaking News Photography : Mary Chind of The Des Moines (Iowa)
14. Feature Photography : Craig F. Walker (The Denver Post)
15. Fiction : 'Tinkers' (Paul Harding)
16. Drama : 'Next to Normal"
17. History : 'Lords of Finance: The Bankers Who Broke the World' (Liaquat Ahamed)
18. Biography : 'The First Tycoon: The Epic Life of Cornelius Vanderbilt' (TJ Stiles)
19. Poetry : 'Versed' (Rae Armantrout)
20. General Nonfiction : 'The dead Hand: The Untold Story of the Cold War Arms and Its
Dangerous Legacy' (David Hoffman)
21. Music : Violin Concerto (Jennifer Higdon)
22. Special Citation : Country Music Pioneer (Hank Williams)

Sumber : detik.com

33 komentar:

  1. news lover mengatakan...

    Pak Subhan ini tugas saya penulisan berita saya yang faeture..

    Hanang Widiandhika
    153080028
    F

    Ini juga sudah saya posting di blog kelompok saya juga kok..

    Yogya(17/4) -Demi menghidupi keluarga, Endang (40 th) wanita asal Magelang dengan ditemani suaminya berjualan sate lesehan di trotoar depan Benteng Vrederburg. Dia menekuni usaha ini sejak tahun 1990 sampai sekarang, dengan jam kerja mulai pukul 11.00 hingga 18.00. Awalnya, berjualan sate tidak pernah terpikirkan oleh Endang, pilihannya pun jatuh pada sate karena desakan kebutuhan hidup. Omzet dagangannya sebesar Rp.300.000,- per hari atau menghabiskan sekitar 250 tusuk sate, hasil tersebut selanjutnya disetorkan kepada seorang pemasok sate langganannya sebesar Rp.250.000,- sehingga penghasilan bersih yang ia terima Rp.50.000,- per hari. Dengan penghasilan sebesar itu ia yakin dapat hidup bersama suami dan 2 anaknya yang berusia 3 tahun dan 5 tahun meski dengan kondisi pas-pasan. Selain di kawasan Malioboro, Endang juga berjualan di sekitar Kantor Pos sebagai alternatif apabila Malioboro sepi pembeli. Pulang ke rumah kontrakan di sekitar Pajeksan sekitar jam 02.00 dini hari ketika anak-anak sudah terlelap tidur, total sekitar 15 jam dihabiskan Endang dengan berjualan sate untuk memenuhi kebutuhan makan, kontrak rumah, listrik dan kegiatan sosial agar dapat diterima oleh masyarakat sekitarnya. Namun demikian, Endang tetap merasa bersyukur senantiasa diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa, karena dia tidak dapat membayangkan apabila sakit tidak akan memperoleh penghasilan berhari-hari. Pengalaman buruk yang pernah ia alami tatkala dagangannya tumpah berebaran di jalan setelah sebuah sepeda motor menabraknya. Sebaliknya, pengalaman manis yang tidak terlupakan juga dia dapatkan ketika dagangannya habis terjual dalam waktu 1 jam bersamaan detik-detik pergantian tahun 2008. Sebagai orang kecil, Endang mempunyai harapan mendapatkan keuntungan kemudian ditabung untuk membeli sebuah gerobak sehingga tidak terlalu capek memikul sate diatas kepalanya.

  2. news lover mengatakan...

    pak tgas
    feature nya dah saya upload di blog kelompok kami.

    yang berjudul "Pengamen Cilik Yang Ceria"

    siti balqis
    153080075
    F/IK

  3. news lover mengatakan...

    PAK tugas feature nya sudah saya uploud di blog kelompok kami.
    judulnya "nenek penjual rempeyek"

    Lucia Netty S.c.dos.s
    153080038
    F/IK

  4. GudangNews mengatakan...

    tugas Feature news kami
    kartika D.M (153080069) F
    Fransisca ossie (153080108) F

  5. berita umum mengatakan...

    Pak tugas feature kelompok kami sudah diupload ke blog kami SIMBAH NEWS ...
    mohon dilihat pak...
    terima kasih....
    :)

  6. Srikandi Ayu mengatakan...

    pak ini tgs deature individu kelompok saya christina natalia ( 153080104 )
    mohon dilihat pak...
    terima kasih ..

  7. reality news mengatakan...

    pak subhan tugas faeture saya udah saya upload di blog kelompok minggu kemarin judulnya "pengorbanan wanita penjual sate"

    Agung Saputra
    153080103 / F

  8. GudangNews mengatakan...

    pak ini tugas kolom KARTIKA dWI M (153080069)

  9. news lover mengatakan...

    PAk ini tugas saya SIti Balqis (153080075)

  10. Anonim mengatakan...

    Lovingly done is sick than extravagantly said.

  11. news lover mengatakan...

    Pak Subhan tugas yang membuat opini sudah saya upload di blog kami,,
    tugas yang faeture juga sudah saya edit lagi...
    Mohon di periksa ya Pak

    Opini> Warnet nakal

    Feature> Sate penghidupan..

    Hanang Widiandhika 153080028/F

  12. news lover mengatakan...

    Pak Subhan tugas yang membuat opini sudah saya upload di blog kelompok kami,,

    tugas feature saya juga sudah saya edit lagi.

    mohon diperiksa ya pak..

    Makasi...


    Opini> Warnet nakal
    Feature>Sate penghidupan

    Hanang Widiandhika 153080028/f

  13. news lover mengatakan...

    Pak Subhan tugas yang membuat opini sudah saya upload di blog kelompok kami,,

    tugas feature saya juga sudah saya edit lagi.

    mohon diperiksa ya pak..

    Makasi...

    Opni> Warnet nakal
    Feature> Sate penghidupan

    Hanang Widiandhika 153080028/F

  14. Anonim mengatakan...

    Well done is better than extravagantly said.

  15. Anonim mengatakan...

    Artistically done is sick than spectacularly said.

  16. Anonim mengatakan...

    Splendidly done is richer reconsider than spectacularly said.

  17. Anonim mengatakan...

    Splendidly done is richer reconsider than spectacularly said.

  18. Anonim mengatakan...

    Artistically done is sick than well said.

  19. Anonim mengatakan...

    A humankind who dares to decay everyone hour of age has not discovered the value of life.

    [url=http://www.hello-online.org/index.php?showuser=100969]Jessica[/url]


    Linsey

  20. reality news mengatakan...

    Pak Subhan ini Tugas OPINI dan KOLOM saya, mohon diperiksa. .thx

    agung saputra
    153080103/F

  21. news lover mengatakan...

    Pak subhan tugas kolom saya sudah saya upload di blog kelompok saya,, judulna membaca adalah jendela dunia..

    Hanang Widiandhika 153080028/ F

  22. berita umum mengatakan...

    pak ini tugas kelompok simbah news.

  23. news lover mengatakan...

    pak kebalik pak,,
    ternyata yang opini saya judulnya membaca adalah jendela dunia,,

    trus kolomnya judulnya warnet nakal...

    hanang widiandhika 153080028/f

  24. news lover mengatakan...

    pak subhan tugas penulasan saya yang membuat tajuk rencana sudah saya upload di blog kel saya, judulnya Densus 88 dituntut tetap profesional..

    hanang widiandhika 153080028/F

  25. Anonim mengatakan...

    We should be careful and perceptive in all the par‘nesis we give. We should be extraordinarily prudent in giving guidance that we would not dream up of following ourselves. Most of all, we ought to escape giving advisor which we don't tag along when it damages those who take us at our word.

    pipe wrench

    [url=http://pipe-wrench-85.webs.com/apps/blog/]pipe wrench[/url]

  26. reality news mengatakan...

    Tugas saya semua sudah di upload di blog, mohon di periksa pak, ,thx

    Agung Saputra
    153080103 / F

  27. reality news mengatakan...

    Tugas saya semua sudah di upload di blog, mohon di periksa pak, ,thx

    Agung Saputra
    153080103 / F

  28. simbah.news@gmail.com mengatakan...

    pak ini tugas TAJUK RENCANA

  29. simbah.news@gmail.com mengatakan...

    pak ini tugas TAJUK RENCANA

  30. berita umum mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  31. simbah news mengatakan...

    pak ini tugas TAJUK RENCANA

  32. GudangNews mengatakan...

    pak ini tugas saya artikel opini dan tajuk rencana

    kartika dwi mardiyanti
    153080069
    F

    krritik dan saran dari bapak sangat kami butuhkan
    terima kasih

  33. news lover mengatakan...

    ass,,
    pak, tugas tajuk rencana,opni,sama kolom dah saya upload..

    siti balqis
    153080075
    kelas: f

    mohon kritik dan sarannya ya pak...
    terima kasih

    wss